Abstract :
ABSTRAK
IMPLEMENTASI PROMOTION MIX (BAURAN PROMOSI) PRODUK
KREDIT GUNA BHAKTI (KGB) PADA PT BANK PEMBANGUNAN
DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN Tbk KANTOR CABANG
PEMBANTU PEMERINTAHAN KOTA TASIKMALAYA
Oleh :
Adel Yasmin
NIM. 203404066
Pembimbing I : Mira Rahmawati, S.P.,M.M
Pembimbing II : Andri Helmi Munawar, S.E., M.M
Tujuan diadakan penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui bagaimana
implementasi promotion mix yang dilakukan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa
Barat dan Banten Tbk KCP Pemkot Tasikmalaya dalam mencapai target Kredit
Guna Bhakti (KGB). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer
dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menjelaskan implementasi promotion
mix Kredit Guna Bhakti (KGB) pada Bank bjb KCP Pemkot Tasikmalaya yaitu
dengan melakukan periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan,
hubungan masyarakat dan pemasaran lagsung. Hambatan yang di hadapi dalam
implementasi promotion mix adalah pada pelaksanaan promosi personal selling
Bank bjb KCP Pemkot masih kurang efektif karena promosi yang dilakukan hanya
kepada relasi atau nasabah yang sudah ada atau nasabah sebelumnya saja yang
masih dekat dengan lingkungan Bank bjb KCP Pemkot. Solusi dalam hal ini yaitu
bank bjb KCP Pemkot Tasikmalaya dapat melakukan promosi perseorangan ke
relasi atau nasabah baru sehingga dapat menciptakan promosi personal selling yang
maksimal dan dapat meningkatkan jumlah calon debitur baru.
Kata Kunci: Bauran Promosi, Kredit Guna Bhakti, Bank