DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CITRA ORGANISASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KEPERCAYAAN MUZAKKI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Lazismu Kota Tasikmalaya)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Fitriani, Zahra Dwi
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-06-20 03:35:43 
Abstract :
ABSTRAK Zahra Dwi Fitriani. 2023. Pengaruh Citra Organisasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membayar Zakat dengan Kepercayaan Muzakki Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Lazismu Kota Tasikmalaya): Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi Tingkat minat dalam membayar zakat merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam Lembaga Amil Zakat. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan minat membayar zakat pada Lembaga Amil Zakat adalah dengan memberikan citra organisasi yang positif dan kualitas pelayanan yang baik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada Lazismu Kota Tasikmalaya didapatkan informasi bahwa dari jumlah anggota Muhammadiyah yang memiliki kartu tanda anggota adalah sebanyak 3000 anggota. Namun, dalam pelaksanaannya tidak semua anggota Muhammadiyah tersebut menyalurkan zakatnya kepada Lazismu Kota Tasikmalaya. Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa minat untuk membayar zakat kepada Lazismu Kota Tasikmalaya masih dikatakan rendah. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh citra organisasi dan kualitas pelayanan terhadap Minat Membayar Zakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS 3.0. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Muzakki Lazismu Kota Tasikmalaya pada tahun 2021 yang berjumlah 168 orang dengan sampel 104 orang. Analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu outermodel dan inner model. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil uji R-Square pertama variabel kepercayaan muzakki sebesar 77.2 % dan pada R?Square kedua sebesar 72.5 % yang dapat diartikan variabel citra organisasi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap minat membayar zakat sebesar 72.5 % dimana sisanya sebanyak 27.5 % dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian yang masih menjadi faktor yang mempengaruhi minat membayar zakat. Untuk setiap hipotesis yang melalui variabel intervening dinyatakan diterima, akan tetapi terdapat satu hipotesis yang ditolak. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor lain yang mempengaruhi minat membayar zakat, seperti dari faktor situasi yang tidak terantisipasi dimana faktor ini nantinya dapat mengubah pendirian Muzakki dalam melaksanakan pembayaran zakat. Hal tersebut tergantung dari pemikiran setiap Muzakki, apakah percaya diri dalam memutuskan akan tetap memiliki minat dalam membayar zakat ataupun tidak. Jadi dapat disimpulkan bahwa citra organisasi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat membayar zakat dengan kepercayaan muzakki sebagai variabel intervening. Maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Kata Kunci: Citra Organisasi, Kualitas Pelayanan, Minat Membayar Zakat, Kepercayaan Muzakki 
Institution Info

Universitas Siliwangi