Abstract :
ABSTRAK
Nur Ainun Zahra. 2022. PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL
TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI
GERAK LURUS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran fisika yang disebabkan pembelajaran masih dilakukan secara
konvensional dengan metode ceramah. Upaya yang dilakukan peneliti untuk
mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran
Reciprocal Teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus
di kelas X MIPA SMAN 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian
yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only
control desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMAN 7
Tasikmalaya sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 214 orang. Sampel penelitian
diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas,
yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas
kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang
memuat ranah kognitif C1-C4 dengan jumlah 24 soal pada materi gerak lurus. Uji
coba instrumen yang dilakukan adalah uji validitas dan reliabilitas, sedangkan
teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat (uji normalitas, uji
homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada
taraf signifikansi (