DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS (Studi Quasi Eksperimen Di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
ZAHRA, NUR AINUN
Subject
QC Physics 
Datestamp
2023-06-20 03:46:31 
Abstract :
ABSTRAK Nur Ainun Zahra. 2022. PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika yang disebabkan pembelajaran masih dilakukan secara konvensional dengan metode ceramah. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di kelas X MIPA SMAN 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only control desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMAN 7 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 214 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang memuat ranah kognitif C1-C4 dengan jumlah 24 soal pada materi gerak lurus. Uji coba instrumen yang dilakukan adalah uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi ( 
Institution Info

Universitas Siliwangi