DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN, RELIGIUSITAS, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
RAHMAH, SHOFIA
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-06-23 03:57:11 
Abstract :
ABSTRAK Shofia Rahmah. 2023. Pengaruh Pembelajaran, Religiusitas, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Perbankan Syariah (Studi pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi. Perbankan syariah merupakan lembaga yang menawarkan produk perbankan sesuai dengan prinsip syariah Islam. Fungsi perbankan syariah ini yaitu menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat. Mahasiswa merupakan salah satu target yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan bagi perbankan syariah, karena tabungan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa baik yang datang dari dalam kota maupun luar kota. Terutama pada mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah yang selama perkuliahan mempelajari mengenai ekonomi secara perspektif Islam. Tetapi, tidak jarang ditemui mahasiswa yang berasal dari Prodi Ekonomi Syariah menjadi nasabah di bank konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran, religiusitas, dan kualitas produk terhadap keputusan nasabah menabung diperbankan syariah baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi yang merupakan nasabah pada perbankan syariah dengan sampel sebanyak 105 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pembelajaran dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah, sedangkan religiusitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai koefisien determinasi sebesar 8%. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak variabel selain religiusitas yang dapat mempengaruhi keputusan nasabah menabung diperbankan syariah. Sedangkan, secara simultan pembelajaran, religiusitas, dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung di perbankan syariah. Kata kunci: Pembelajaran, Religiusitas, Kualitas Produk, Keputusan Nasabah 
Institution Info

Universitas Siliwangi