Abstract :
ABSTRAK
Shofia Rahmah. 2023. Pengaruh Pembelajaran, Religiusitas, dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Perbankan
Syariah (Studi pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi). Skripsi. Program Studi
Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi.
Perbankan syariah merupakan lembaga yang menawarkan produk
perbankan sesuai dengan prinsip syariah Islam. Fungsi perbankan syariah ini yaitu
menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat. Mahasiswa merupakan salah satu
target yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan bagi perbankan syariah, karena
tabungan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa baik yang datang dari dalam kota
maupun luar kota. Terutama pada mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah yang selama
perkuliahan mempelajari mengenai ekonomi secara perspektif Islam. Tetapi, tidak
jarang ditemui mahasiswa yang berasal dari Prodi Ekonomi Syariah menjadi
nasabah di bank konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran, religiusitas, dan kualitas produk terhadap keputusan
nasabah menabung diperbankan syariah baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive
sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi yang merupakan nasabah pada
perbankan syariah dengan sampel sebanyak 105 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pembelajaran dan
kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah,
sedangkan religiusitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap
keputusan nasabah dengan nilai koefisien determinasi sebesar 8%. Hal tersebut
dikarenakan terdapat banyak variabel selain religiusitas yang dapat mempengaruhi
keputusan nasabah menabung diperbankan syariah. Sedangkan, secara simultan
pembelajaran, religiusitas, dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan
nasabah menabung di perbankan syariah.
Kata kunci: Pembelajaran, Religiusitas, Kualitas Produk, Keputusan Nasabah