Abstract :
ABSTRAK
Rayhan Riztianto Mulyawan, 2023, Analsis Strategi Pemasaran Syariah
Mardian Putera Sutera Dalam Meningkatkan Volume Penjualan :
Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas
Siliwangi
Volume penjualan Mardian Putera Sutera mengalami penurunan secara
signifikan pada tahun 2020 saat dimulainya masa pandemi Covid-19. Pihak
perusahaan berupaya mencari jalan keluar agar penjualan kembali normal seperti
saat sebelum pandemi di mana penjualan mengalami kenaikan dan penurunan. Hal
terebut berkaitan dengan strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh Mardian
Putera Sutera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
pemasaran Mardian Putera Sutera dalam meningkatkan volume penjualan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan
data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan
dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pimpinan perusahaan, karyawan
dan konsumen Mardian Putera Sutera, dengan peneliti sendiri sebagai instrumen
penelitiannya. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan metode
triangulasi sumber.
Analisis Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh Syariah Mardian Putera
Sutera Dalam Meningkatkan Volume Penjualan sudah optimal sehingga terjadi
peningkatan volume penjualan. Produk yang dihasilkan oleh Mardian Putera sudah
mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan tanpa mengesampingkan kualitas.
Akan tetapi, kuantitas produk Mardian Putera Sutera belum bisa bersaing dengan
kompetitor. Harga jual yang ditetapkan sesuai dengan daya beli konsumen tanpa
merusak harga produk di pasaran. Tempat produksi dan promosi yang berada di
satu lokasi yang berdekatan mempermudah para pekerja dan berhasil menjadi daya
tarik serta perhatian konsumen. Promosi yang dilakukan sudah optimal secara
offline ataupun online. Untuk saat ini, Mardian Putera Sutera belum bisa
menggunakan seorang model untuk foto produk dan terdapat keterbatasan sumber
daya manusia yang paham akan pemasaran media e-comerce. Dalam hal tersebut,
perusahaan membagikan kain secara gratis kepada kerabat terdekat untuk dijadikan
media promosi secara tidak langsung untuk menekan volume penjualan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan bauran
pemasaran pada perusahaan Mardian Putera Sutera sudah sesuai dengan ketentuan
syariah. Dimulai pada tahap produksi, penetapan harga, pemasaran, sampai
pendistribusian produk berdasarkan ketentuan syariah. Dengan prinsip yang
diterapkan tersebut, tujuan perusahaan untuk mendapat keuntungan dan meraih
keberkahan dapat tercapai, dibuktikan dengan naiknya volume penjualan produk
dan perusahaan bisa bangkit ketika keadaan terpuruk dan dapat bersaing dengan
perusahaan lain.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Pemasaran Syariah, Volume
Penjualan