DETAIL DOCUMENT
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH MARDIAN PUTERA SUTERA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Mulyawan, Rayhan Riztianto
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-06-23 03:57:54 
Abstract :
ABSTRAK Rayhan Riztianto Mulyawan, 2023, Analsis Strategi Pemasaran Syariah Mardian Putera Sutera Dalam Meningkatkan Volume Penjualan : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi Volume penjualan Mardian Putera Sutera mengalami penurunan secara signifikan pada tahun 2020 saat dimulainya masa pandemi Covid-19. Pihak perusahaan berupaya mencari jalan keluar agar penjualan kembali normal seperti saat sebelum pandemi di mana penjualan mengalami kenaikan dan penurunan. Hal terebut berkaitan dengan strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh Mardian Putera Sutera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Mardian Putera Sutera dalam meningkatkan volume penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pimpinan perusahaan, karyawan dan konsumen Mardian Putera Sutera, dengan peneliti sendiri sebagai instrumen penelitiannya. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Analisis Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh Syariah Mardian Putera Sutera Dalam Meningkatkan Volume Penjualan sudah optimal sehingga terjadi peningkatan volume penjualan. Produk yang dihasilkan oleh Mardian Putera sudah mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan tanpa mengesampingkan kualitas. Akan tetapi, kuantitas produk Mardian Putera Sutera belum bisa bersaing dengan kompetitor. Harga jual yang ditetapkan sesuai dengan daya beli konsumen tanpa merusak harga produk di pasaran. Tempat produksi dan promosi yang berada di satu lokasi yang berdekatan mempermudah para pekerja dan berhasil menjadi daya tarik serta perhatian konsumen. Promosi yang dilakukan sudah optimal secara offline ataupun online. Untuk saat ini, Mardian Putera Sutera belum bisa menggunakan seorang model untuk foto produk dan terdapat keterbatasan sumber daya manusia yang paham akan pemasaran media e-comerce. Dalam hal tersebut, perusahaan membagikan kain secara gratis kepada kerabat terdekat untuk dijadikan media promosi secara tidak langsung untuk menekan volume penjualan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan bauran pemasaran pada perusahaan Mardian Putera Sutera sudah sesuai dengan ketentuan syariah. Dimulai pada tahap produksi, penetapan harga, pemasaran, sampai pendistribusian produk berdasarkan ketentuan syariah. Dengan prinsip yang diterapkan tersebut, tujuan perusahaan untuk mendapat keuntungan dan meraih keberkahan dapat tercapai, dibuktikan dengan naiknya volume penjualan produk dan perusahaan bisa bangkit ketika keadaan terpuruk dan dapat bersaing dengan perusahaan lain. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Pemasaran Syariah, Volume Penjualan 
Institution Info

Universitas Siliwangi