Abstract :
ABSTRAK
Yayat Hidayat. (2020). ?Penerapan Pembelajaran Berbasis Blanded Learning (PBBL)
dengan Pendekatan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi
Matematik, Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa?.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan koneksi matematik,
kemampuan berpikir kreatif matematik dan kemandirian Belajar. Penelitian ini
menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Randomized
Posttest Only Control. Populasi adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 6
Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 155 orang. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel kelas eksperimen adalah
siswa kelas XII IPS 3 berjumlah 34 orang dan sampel kelas kontrol adalah siswa kelas
XII IPS 5 berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes soal kemampuan
koneksi matematik dan kemampuan berpikir kreatif matematik dan non-tes angket
kemandirian belajar. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan taraf signifikan
5% pada data pretes, postes, dan N-gain kemampuan koneksi matematik, berpikir kreatif
matematik dan data skala kemandirian belajar antara kedua. Kelas eksperimen dan
Kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan rerata dua populasi. Hipotesis
diuji menggunakan uji non parametrik karena data tidak berdistribusi normal. Data
kuantitatif diolah menggunakan Software SPSS Versi 25 for Windows. Berdasarkan hasil
uji Mann?Whitney dan daerah penolakan hipotesis Ho dengan nilai sig < 0,05
menunjukkan bahwa penerapan PBBL dengan pendekatan Discovery Learning
berpengaruh positif daripada penerapan model pembelajaran konvensional pada
kemampuan koneksi, berpikir kreatif matematik dan kemandirian belajar. Penerapan
PBBL dengan discovery learning juga berasosiasi positif terhadap kemampuan koneksi,
berpikir kreatif matematik dan kemandirian belajar.
Kata kunci: Koneksi matematik, berpikir kreatif matematik, kemandirian belajar,