Abstract :
ABSTRAK
NURASIAH. 2020. DESAIN DIDAKTIS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK. Program
Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Siliwangi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain didaktis dalam mengeksplor
kemampuan spasial matematika peserta didik SMP pada materi bangun ruang sisi datar dan
merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan
matematika peserta didik pada materi geometri yang diawali dengan tes kemampuan spasial
untuk memperoleh Learning Obstacle peserta didik yang dilaksanakan di kelas IX A SMP
Negeri 6 Tasikmalaya. Selanjutnya dikembangkan desain didaktis yang dimplementasikan.
kepada 32 peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Hasil tes kemampuan spasial
ditemukan tiga learning obstacle yaitu didactical obstacle, ontogenic obstacle dan
epistemological obstacle. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan
spasial, wawancara dan skala sikap. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal
kemampuan spasial dan lembar skala sikap. Hasil penelitian ini berupa desain didaktis yang
tercermin dalam rancangan pembelajaran untuk mengeksplor kemampuan spasial matematis
peserta didik. Temuan dari pengembangan penelitian ini adalah kemampuan spasial matematis
peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan desain didaktis yang dikembangkan
berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata hasil tes sebesar 86,08.
Kata Kunci: desain didaktis, kemampuan spasial matematik, bangun ruang sisi datar