Abstract :
ABSTRAK
EVA NURHAYATI, Tesis, 2021. Implementasi Nilai-nilai Kearifan Lokal
Kelas Multikultural dalam Upaya Membangun Integrasi Sosial Masyarakat
Kampung Nusantara. Program Studi Pendidikan Geografi. Program
Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Dibawah Bimbingan Prof. Dr. H. Yus
Darusman, M. Si dan Dr. Iman Hilman, S.Pd., M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola adaptasi peserta didik Kelas
multikultural di Kampung Nusantara, implementasi nilai-nilai kearifan lokal pada
kelas multikultural dan bentuk integrasi sosial masyarakat Kampung Nusantara
dengan peserta didik kelas multikultural. Kampung Nusantara merupakan
kampung yang unik, penduduk asli disana hidup berdampingan dengan pendatang
dari berbagai unsur suku dan budaya yang berbeda. Mereka merupakan pelajar
kelas multikultural di SMK Bakti Karya Parigi yang mendapatkan beasiswa
pendidikan sebagai perwakilan dari 34 Provinsi. Fokus penelitian untuk
mengetahui implementasi nilai-nilai kearifan lokal kelas multikultural di
Kampung Nusantara Dusun Cikubang Desa Cintakarya Kecamatan Parigi
Kabupaten Pangandaran. Motode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif
pendekatan studi kasus, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan: pola adaptasi peserta didik di
Kampung Nusantara melalui adaptasi lingkungan budaya Religi/kepercayaan,
adaptasi lingkungan alam dan adaptasi lingkungan sosial. Implementasi nilai-nilai
kearifan lokal pada kelas multikulrural nampak pada kegiatan sehari-hari dan
kegiatan tahunan yaitu pada saat digelarnya acara Festival 28 Bahasa Nusantara,
Ulang tahun komunitas Belajar Sabalad dan acara Gelar Pamit. Bentuk integrasi
sosial masyarakat Kampung Nusantara dengan peserta didik kelas multikultural di
desa Cintakarya Kecamatan Parigi yaitu proseduralis dan asimilasionis. Faktor?faktor yang mempengaruhi integrasi sosial masyarakat di Kampung Nusantara
terdiri dari; adanya sikap toleransi terhadap kebudayaan yang berbeda, adanya
sikap terbuka terhadap perubahan, adanya kesadaran bahwa manusia sebagai
mahluk sosial, adanya sikap positif terhadap kebudayaan lain, dan adanya
kesamaan dalam unsur-unsur kebudayaan.
Kata Kunci: kearifan lokal, kelas multikultural,integrasi sosial