Abstract :
ABSTRAK
KETERLIBATAN PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN
SEBAGAI DETERMINAN KEPUASAN PELANGGAN
SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS
(Survey pada Pelanggan Plaza Asia Tasikmalaya)
Oleh:
Ilman Ansori
208334060
Dibawah bimbingan:
Pembimbing I: H. Deden Mulyana
Pembimbing II: Yusuf Abdullah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: keterlibatan
pelanggan, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.
Pengaruh keterlibatan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan serta implikasinya pada loyalitas pelanggan pada pelanggan Plaza Asia
Tasikmalaya baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. populasi dalam penelitian ini
adalah member Plaza Asia yang berjumlah 25.700 pelanggan. Pengambilan sampel
diambil secara simple random sampling yaitu sebanyak 400 pelanggan. Teknik
analisis data menggunakan structural equation model (SEM) dengan AMOS. Total
skor keterlibatan pelanggan secara keseluruhan sebesar 12.113 termasuk kategori
baik, kualitas pelayanan sebesar 16.147 termasuk kategori baik, kepuasan
pelanggan sebesar 9.343 termasuk kategori baik dan loyalitas pelanggan sebesar
13.279 termasuk kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan
pelanggan berpengaruh positif signifkan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas
pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan
pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Keterlibatan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kualitas
pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan
mediasi kepuasan pelanggan, keterlibatan pelanggan dan kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : keterlibatan pelanggan, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan
loyalitas pelanggan