Abstract :
ABSTRAK
FARHAN MAULANA DHARSONO. 2023. Eksplorasi Tari Badaya Wirahmasari
Rancaekek. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep matematika dan filosofi yang terdapat pada tari
Badaya Wirahmasari Rancaekek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode
etnografi. Sumber data penelitian terdapat tiga elemen yaitu tempat (place) yang peneliti lakukan
di sanggar PUSBITARI (Pusat Bina Tari Irawati Burdan), pelaku (actors) pada penelitian ini
peneliti melakukan wawancara langsung dengan maestro tari klasik sunda, pelatih tari klasik,
penari serta dosen seni tari, aktivitas (activity) yang peneliti lakukan yaitu melakukan observasi
awal dan juga melakukan wawancara langsung dengan narasumber. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelatih dan
penari khususnya di Sanggar PUSBITARI yang beraktivitas dalam hal menari tarian klasik sunda
cenderung mahir dalam bermatematika dalam hal menentukan arah hadap penari dengan konsep
sudut berelasi atau dengan menggunakan patokan waktu atau jam, ketinggian aras tangan penari
dengan menggunakan sudut. Kemudian, konsep matematika pada koreografi tari Badaya
Wirahmasari Rancaekek berupa bentuk geometri seperti trapesium, lingkaran, segitiga, dan garis
vertikal. Pengetahuan matematis yang mereka bangun murni dari pengalaman dan interaksi sosial,
bukan dari sekolah secara formal. Filosofi pada Tari Badaya Wirahmasari Rancaekek dalam segi
koreografi, bentuk melingkar atau lingkaran memiliki filosofi sebagai simbol niat atau tekad yang
kuat. Bentuk segitiga memiliki filosofi sebagai simbol kesucian. Bentuk garis lurus vertikal
memiliki filosofi sebagai simbol kejujuran. Bentuk garis lurus dipakai sebagai filosofi untuk hidup
jujur.
Kata kunci: Tari Badaya Wirahmasari Rancaekek, Etnomatematika, Konsep
Matematika, Filosofi