Abstract :
ABSTRAK
ELDA MUSTAPIDAH YUDIANTINI. 2023. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik
Melalui Certainty Of Response Index (CRI) Pada Level Taksonomi Solo Dalam
Menentukan Nilai Optimum Menggunakan Garis Selidik. Jurusan Pendidikan
Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik melalui CRI pada
level Taksonomi SOLO dalam menentukan nilai optimum menggunakan garis selidik
dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami
miskonsepsi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik dari kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1
Tasikmalaya sebanyak tujuh orang diambil dari kategori miskonsepsi pada level
Taksonomi SOLO. Teknik pengumpulan data yaitu melaksanakan tes soal menentukan
nilai optimum menggunakan garis selidik dilengkapi dengan CRI dan wawancara.
Instrumen yang digunakan yaitu tes sebanyak satu soal. Teknik analisis data yaitu dengan
memberikan soal tes, dilanjutkan dengan mewawancarai peserta didik untuk mengetahui
lebih mendalam mengenai faktor penyebab miskonsepsi peserta didik dalam menentukan
nilai optimum menggunakan garis selidik. Simpulan dalam penelitian ini yaitu subjek
pada level prastruktural mengalami miskonsepsi terjemahan dengan faktor penyebab
miskonsepsinya adalah kemampuan peserta didik. Subjek pada level unistruktural
mengalami miskonsepsi terjemahan dan miskonsepsi strategi dengan faktor penyebab
miskonsepsinya adalah intuisi yang salah. Subjek pada level multistruktural mengalami
miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi dengan faktor penyebabnya adalah
reasoning yang tidak lengkap/salah dan prakonsepsi tidak tepat. Subjek pada level
relasional mengalami miskonsepsi konsep, miskonsepsi strategi dan miskonsepsi hitung
dengan faktor penyebabnya adalah reasoning yang tidak lengkap/salah. Subjek dengan
level abstrak yang diperluas mengalami miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi
dengan faktor penyebabnya adalah reasoning yang tidak lengkap/salah.
Kata kunci: Miskonsepsi, Taksonomi SOLO, Certainty Of Response Index, Nilai
Optimum Garis Selidik.