Abstract :
Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI telah menerapkan penggunaan
sistem Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS). Dengan adanya
aplikasi ARKAS diharapkan setiap satuan pendidikan dapat menyusun anggaran,
membuat laporan akhir hingga mempertanggungjawbakan penggunaan Dana Bantuan
Operasioanl Sekolah (BOS) untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh Apliaksi Rencana Kegiatan
Anggaran Sekolah (ARKAS) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) terhadap
akuntabilitas keuangan pada Kantor cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI dalam
pelaporan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS). Melalui ARKAS pelaporan
RKAS tentunya akan lebih memudahkan untuk 2eknik2n rencana kegiatan dan
anggaran sekolah melakukan tata kelola, perencanaan, penganggaran secara tunai,
pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional
sekolah dalam bentuk digital. Metode penelitian yang digunakan adalah motode survei
dengan menggunakan penarikan sampel menggunakan metode acak sederhana. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk data primer dilakukan melalui kuesioner.
Alat analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) SIA
berpengaruh terhadap ARKAS, (2) ARKAS berpengaruh secara parsial terhadap
akuntabilitas keuangan. (3) SIA berpengaruh secara parsial terhadap akuntabilitas
keuangan. dan (4) ARKAS dan SIA berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas
keuangan secara parsial maupun simultan.
Kata kunci : ARKAS, Sistem informasi akuntansi, akuntabilitas keuangan