Abstract :
ABSTRAK
LISTIYANI PERMATAHATI MAWADAH. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran
Statistis Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurusan Pendidikan Matematika.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan penalaran statistis siswa dalam
menyelesaikan soal statistika berdasarkan level berpikir taksonomi SOLO. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data
terdiri dari tes kemampuan penalaran statistis dan wawancara. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu tes kemampuan penalaran statistis. Subjek penelitian dipilih dari siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang berjumlah 32 siswa, berdasarkan hasil tes
kemampuan penalaran statistis yang memenuhi indikator kemampuan penalaran statistis
terbanyak pada setiap levelnya berdasarkan tes kemampuan penalaran statistisnya, serta
mampu berkomunikasi dengan baik dan dapat memberikan informasi yang lengkap
berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan
meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan level berpikir prestructural hanya mampu
memenuhi satu indikator kemampuan penalaran statistis, yakni mampu memahami
konsep dan aturan statistik. Siswa dengan level berpikir unistructural mampu memenuhi
dua indikator kemampuan penalaran statistis, yakni mampu memahami konsep dan
aturan statistis, dan mampu mengungkapkan alasan terhadap suatu data, tetapi hanya
menggunakan satu data dan satu penyelesaian tanpa memberikan alternatif penyelesaian
lain. Siswa dengan level berpikir multistructural mampu memenuhi dua indikator
kemampuan penalaran statistis, yakni mampu memahami konsep dan aturan statistis, dan
mampu mengungkapkan alasan terhadap suatu data, tetapi telah menggunakan alternatif
penyelesaian dan banyak data. Siswa dengan level berpikir relational mampu memenuhi
semua indikator kemampuan penalaran statistis, tetapi tidak konsisten dalam proses
penyelesaiannya. Siswa dengan level berpikir extended abstract mampu memenuhi
semua indikator kemampuan penalaran statistis, dan pengerjaannya selalu konsisten
sesuai dengan konsep dan aturan statistika.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Penalaran Statistis, Taksonomi SOLO