Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta
didik dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Metode penelitian yang digunakan
metode eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan pemberian soal
literasi numerasi dan wawancara. Instrumen penelitian melibatkan peneliti sendiri
sebagai instrumen kunci dan soal literasi numerasi untuk mengukur kemampuan koneksi
matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Tasikmalaya dengan subjek
penelitian yang terdiri dari 6 orang peserta didik, yaitu 2 orang subjek dengan
kemampuan koneksi matematis kategori tinggi, 2 orang subjek dengan kemampuan
koneksi matematis kategori sedang, dan 2 orang subjek dengan kemampuan koneksi
matematis kategori rendah. Penelitian ini difokuskan pada menganalisis dan
mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal literasi
numerasi. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik
dengan kemampuan koneksi matematis kategori tinggi mampu memenuhi semua
indikator kemampuan koneksi matematis yaitu koneksi antar konsep matematika,
koneksi konsep matematika dengan konsep ilmu lain, dan koneksi konsep matematika
dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dengan kemampuan koneksi
matematis kategori sedang hanya mampu memenuhi 2 indikator koneksi matematis yaitu
koneksi antar konsep matematika dan koneksi konsep matematika dengan konsep ilmu
lain ataupun indikator koneksi antar konsep matematika dan koneksi konsep matematika
dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Seorang peserta didik dengan kemampuan
koneksi matematis kategori rendah hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu
indikator koneksi konsep matematika dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari
adapun seorang peserta didik dengan kemampuan koneksi matematis kategori rendah
tidak memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis.
Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Soal Literasi Numerasi, Konteks Sosial