Abstract :
Koperasi pada umumnya dalam bekerja memberi jasa agar dapat mempermudah
pemenuhan kebutuhan anggotanya serta terjamin kesejahteraan para anggotanya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan anggota terhadap pelayanan
Koperasi Simpan Pinjam Usaha Wanita Kota Tasikmalaya. Waktu penelitian
dimulai sejak bulan Agustus 2022 ? April 2023. Penelitian ini dilaksanakan di
Koperasi Simpan Pinjam Usaha Wanita Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan
adalah metode survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non
probability sampling yaitu dengan sampel jenuh terhadap anggota koperasi yang
mempunyai usaha di bidang pertanian yaitu sebanyak 34 orang. Analisis
Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengetahui tingkat
kepentingan atribut dan tingkat kinerja pengurus koperasi dan untuk mengetahui
tingkat kepuasan anggota terhadap atribut kualitas pelayanan menggunakan analisis
Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat
kepentingan dari semua atribut termasuk kategori sangat penting. Terdapat 12
atribut yang termasuk kategori sangat baik yaitu pelayanan sesuai SOP,
mempermudah anggota dalam proses pelayanan dan sistem transaksinya,
penjelasan mengenai koperasi oleh karyawan, kesigapan dalam bertindak,
memberikan informasi yang jelas pada anggota, keamanan dalam penyimpanan,
memiliki pengetahuan dan berprilaku sopan dalam bertindak, memberi data yang
sesuai, memberikan perhatian terhadap keluhan anggota, tidak memandang status
sosial anggota, memberikan pemahaman secara personal kepada anggota, aspek
lingkungan, dan 3 atribut masuk kategori baik yaitu mampu menyelesaikan
masalah, kelengkapan fasilitas, dan penataan ruangan koperasi. Atribut yang
menjadi prioritas utama yaitu keamanan dalam penyimpanan, memberikan
pemahaman secara personal kepada anggota, dan penataan ruangan koperasi.
Secara keseluruhan kepuasan anggota menghasil nilai sebesar 84,8 persen dan
termasuk ke dalam kriteria sangat puas.
Kata kunci: koperasi, kualitas pelayanan, tingkat kepentingan, tingkat kinerja,
kepuasan anggota