DETAIL DOCUMENT
KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN KOPERASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Miptahudin, Asep
Subject
S Agriculture (General) 
Datestamp
2023-07-07 07:31:54 
Abstract :
Koperasi pada umumnya dalam bekerja memberi jasa agar dapat mempermudah pemenuhan kebutuhan anggotanya serta terjamin kesejahteraan para anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan anggota terhadap pelayanan Koperasi Simpan Pinjam Usaha Wanita Kota Tasikmalaya. Waktu penelitian dimulai sejak bulan Agustus 2022 ? April 2023. Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi Simpan Pinjam Usaha Wanita Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu dengan sampel jenuh terhadap anggota koperasi yang mempunyai usaha di bidang pertanian yaitu sebanyak 34 orang. Analisis Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan atribut dan tingkat kinerja pengurus koperasi dan untuk mengetahui tingkat kepuasan anggota terhadap atribut kualitas pelayanan menggunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepentingan dari semua atribut termasuk kategori sangat penting. Terdapat 12 atribut yang termasuk kategori sangat baik yaitu pelayanan sesuai SOP, mempermudah anggota dalam proses pelayanan dan sistem transaksinya, penjelasan mengenai koperasi oleh karyawan, kesigapan dalam bertindak, memberikan informasi yang jelas pada anggota, keamanan dalam penyimpanan, memiliki pengetahuan dan berprilaku sopan dalam bertindak, memberi data yang sesuai, memberikan perhatian terhadap keluhan anggota, tidak memandang status sosial anggota, memberikan pemahaman secara personal kepada anggota, aspek lingkungan, dan 3 atribut masuk kategori baik yaitu mampu menyelesaikan masalah, kelengkapan fasilitas, dan penataan ruangan koperasi. Atribut yang menjadi prioritas utama yaitu keamanan dalam penyimpanan, memberikan pemahaman secara personal kepada anggota, dan penataan ruangan koperasi. Secara keseluruhan kepuasan anggota menghasil nilai sebesar 84,8 persen dan termasuk ke dalam kriteria sangat puas. Kata kunci: koperasi, kualitas pelayanan, tingkat kepentingan, tingkat kinerja, kepuasan anggota 
Institution Info

Universitas Siliwangi