Abstract :
Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) adalah suatu unit usaha
yang dimiliki oleh Gapoktan yang memiliki fungsi melayani pembiayaan usaha
bagi para petani dan pelaku usaha mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat kepuasan anggota terhadap pelayanan yang diberikan LKMA Sari Mukti,
dan mengetahui tingkat keberlanjutan LKMA Sari Mukti melalui persfektif
anggota, serta mengetahui hubungan kepuasan kinerja dengan keberlanjutan
LKMA Sari Mukti. Penelitian ini dilakukan pada LKMA Sari Mukti di Desa
Mandalahayu Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode survey pada 38 anggota LKMA Sari Mukti. Alat analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Perfomance Analysis, dan
Customer Satisfaction Index untuk mengetahui kepuasan anggota. Dan dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat keberlanjutan.
Serta analisis korelasi Rank Spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat
kepuasan kinerja dengan tingkat keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut LKMA Sari Mukti
sebesar 70,95 persen. Angka tersebut mengidentifikasikan bahwa secara umum
anggota LKMA Sari Mukti di Desa Mandalahayu berada dalam kategori ?puas?.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat keberlanjutan anggota LKMA
Sari Mukti ?tinggi?. Serta hasil uji korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya
hubungan yang kuat antara tingkat kepuasan kinerja dengan keberlanjutan LKMA
Sari Mukti.
Kata Kunci : LKMA, Kepuasan, Keberlanjutan, Desa Mandalahayu