Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir penalaran analogi dalam
memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir Sternberg. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes penalaran analogi, penyebaran angket gaya berpikir dan wawancara.
Instrumen penelitian meliputi soal tes penalaran analogi dan angket gaya berpikir
Sternberg. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas IX C dan IX K di SMPN 13
Tasikmalaya yang mengerjakan soal tes penalaran analogi berdasarkan komponen
penalaran analogi pada masing-masing gaya berpikir dan mampu berkomunikasi dengan
baik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses berpikir penalaran analogi dalam
memecahkan masalah matematika diantaranya (1) Peserta didik yang memiliki gaya
berpikir legislatif, eksekutif, yudisial, lokal dan internal melalui tahap entry, attack dan
review dengan lengkap dan benar. (2) Peserta didik yang memiliki gaya berpikir global
melalui tahap entry dan attack dengan lengkap dan benar, tetapi tidak dapat melalui tahap
review dengan lengkap dan benar karena pada tahap review tidak dapat membuat
simpulan jawaban untuk masalah target. (3) Peserta didik yang memiliki gaya berpikir
eksternal tidak dapat melalui tahap entry, attack dan review dengan lengkap dan benar
karena pada tahap entry kurang dapat menyusun apa yang diketahui, pada tahap attack
memperoleh jawaban yang tidak tepat, dan pada tahap review kurang dapat memeriksa
ketepatan perhitungan yang dilakukan dan tidak dapat membuat simpulan jawaban
dengan benar. (4) Memperhatikan proses berpikir penalaran analogi dalam memecahkan
masalah matematika dari ketujuh gaya berpikir, proses berpikir penalaran analogi dalam
memecahkan masalah matematika yang lengkap dan benar adalah gaya berpikir
legislatif, eksekutif, yudisial, lokal dan internal.
Kata kunci: Proses Berpikir Penalaran Analogi, Gaya Berpikir Sternberg