Abstract :
ABSTRAK
Mia Astuti. 2022. ?Analisis Literasi Keuangan Ibu Rumah Tangga Ditinjau
Dari Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan? (Studi Kasus Pada IRT
di Kelurahan Margabakti Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Ekonomi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.
Dibawah bimbingan Edi Fitriana Afriza, S.Pd., M.M dan Iis Aisyah, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui literasi keuangan ibu
rumah tangga di Kelurahan Margabakti ditinjau dari tingkat pendidikan dan
tingkat pendapatan di Kelurahan Margabakti Kota Tasikmalaya. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun
teknik analisisnya menggunakan interactive model. Sampel penelitian yang
dijadikan informan sebanyak 7 orang yang terdiri dari ibu rumah tangga yang
berpendidikan SD, SMP, SMA dan S1 serta ibu rumah tangga yang mengelola
keuangan keluarganya yang pendapatan keluarganya tergolong pada kategori
rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi, yang penulis kenal dan dapat ditemui
secara langsung. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat pendidikan dan
tingkat pendapatan berkontribusi terhadap literasi keuangan ibu rumah tangga.
empat diantara tujuh ibu rumah tangga memiliki literasi keuangan yang kurang
baik dan tiga diantara tujuh ibu rumah tangga memiliki literasi keuangan yang
cukup baik.
Kata Kunci: Literasi, Keuangan, Pendapatan, Pendidikan