DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 7 KOTA TASIKMALAYA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MIPA SMA Neg
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
HARAHAP, ROHANNA IRIANI
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-07-10 06:10:43 
Abstract :
ABSTRAK ROHANNA IRIANI H. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPA SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmlaya. Dibawah Bimbingan Ibu Ati Sadiah, M.Pd dan Ibu Sri Hardianti Sartika,M.Pd. Fokus penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match. Menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Tasikmalaya sebanyak 205 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match & kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan metode ceramah dengan sampel 68 siswa. Teknik pengumpulan data dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 30 soal. Pengolahan data dengan uji hipotesis menggunakanuji Paired Sample T-test & uji Independent Sample T-test. Uji hipotesis perbedaanhasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match dan model konvensional sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan model Cooperative Learning tipe Make a Match dan model konvensional. Uji hipotesis perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan model Cooperative Learning Tipe Make a Match dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional sesudah perlakuan diperoleh nilai Sig 0,002 < 0,05 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan. Dengan demikian, implikasi penerapan model Cooperative Learning sebagai alternatif model konvensional dapat digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran, Cooperative Tipe Make a Match 
Institution Info

Universitas Siliwangi