Abstract :
ABSTRAK
ROHANNA IRIANI H. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL
BELAJAR (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas
XI IPA SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan
Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Tasikmlaya. Dibawah Bimbingan Ibu Ati Sadiah, M.Pd dan Ibu Sri Hardianti
Sartika,M.Pd.
Fokus penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning
tipe Make a Match. Menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7
Tasikmalaya sebanyak 205 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik purposive sampling dengan kelas eksperimen menggunakan model
pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match & kelas kontrol
menggunakan model konvensional dengan metode ceramah dengan sampel 68
siswa. Teknik pengumpulan data dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 30 soal.
Pengolahan data dengan uji hipotesis menggunakanuji Paired Sample T-test & uji
Independent Sample T-test. Uji hipotesis perbedaanhasil belajar siswa pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Cooperative Learning
Tipe Make a Match dan model konvensional sebelum dan sesudah perlakuan
diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah
perlakuan dengan model Cooperative Learning tipe Make a Match dan model
konvensional. Uji hipotesis perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas
eksperimen dengan model Cooperative Learning Tipe Make a Match dan kelas
kontrol yang menggunakan model konvensional sesudah perlakuan diperoleh nilai
Sig 0,002 < 0,05 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan. Dengan demikian,
implikasi penerapan model Cooperative Learning sebagai alternatif model
konvensional dapat digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran, Cooperative Tipe Make a
Match