Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self control,
dan internet addiction terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi
seluruh kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya sebanyak 163 peserta didik, dengan
sampel yang terdiri dari kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 yang berjumlah 64
peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik
pengambilan data menggunakan kuisioner Procrastination Assesment Scale for
Student (PASS), kuisioner Self Control Scale, dan kuisioner Internet Addiction
Test (IAT). Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, hubungan self control dengan prokrastinasi
akademik memiliki koefisien korelasi sebesar 0,361 termasuk pada kategori
rendah, Hubungan internet addiction dengan prokrastinasi akademik memiliki
koefisien korelasi sebesar 0,507 termasuk pada kategori sedang. Untuk hasil
penelitian hubungan self control dan internet addiction terhadap prokrastinasi
akademik memiliki koefisien korelasi sebesar 0,610 termasuk pada kategori kuat.
Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara self control dan internet addiction
terhadap prokrastinasi akademik peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas
XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 pada materi sistem
reproduksi pada manusia.
Kata Kunci: Self Control, Internet Addiction, Prokrastinasi Akademik