Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir matematis peserta didik
dalam menyelesaikan masalah trigonometri berdasarkan teori APOS ditinjau dari tipe
kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket, tes, observasi dan wawancara semi terstruktur. Instrumen yang
digunakan adalah angket tipe kepribadian, soal tes menyelesaikan masalah trigonometri
dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri
1 Manonjaya. Pemilihan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan mengambil
masing-masing satu orang yang paling dominan dari tipe kepribadian ekstrovert dan
introvert serta bisa mengerjakan tes menyelesaikan masalah trigonometri berdasarkan
tahap proses berpikir teori APOS. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik dengan
tipe kepribadian ekstrovert mampu memenuhi tahap proses berpikir matematis
berdasarkan teori APOS yaitu aksi, proses dan objek, sedangkan peserta didik dengan
tipe kepribadian introvert mampu memenuhi seluruh tahap proses berpikir matematis
berdasarkan teori APOS yaitu aksi, proses, objek dan skema. Peserta didik ekstrovert
nampak terburu-buru dan kurang teliti, terungkap pada tahap aksi ada informasi yang
terlewat tidak dituliskan dalam diketahui dan gambar yang dibuat kurang sesuai dengan
petunjuk pada soal, tahap proses ada kekeliruan dalam menuliskan hasil perhitungan dan
tahap skema pada kesimpulan keliru dalam menuliskan satuan panjang sedangkan
peserta didik introvert terlihat berhati-hati dalam menyelesaikan masalah dan mampu
menuliskan jawaban secara lengkap.
Kata kunci : Proses Berpikir, Teori APOS, Tipe Kepribadian