Abstract :
Penelitian ini mengkaji pengaruh media audio visual terhadap peningkatan hasil
belajar teknik dasar tendangan pencak silat pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 4
Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-D tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini adalah
proses pembelajaran teknik dasar tendangan pencak silat dengan menggunakan
media audio visual. Dengan instrumen berupa observasi dan tes yang menggunakan
rubrik penilaian yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang
dimaksudkan untuk mengetahui nilai proses. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan bahwa hasil belajar teknik dasar tendangan pencak silat setelah
penerapan media audio visual pada siswa kelas VIII-D pada siklus I mendapatkan
nilai rata-rata hasil belajar 71,83 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi
82,02. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil pembahasan hasil penelitian
sebagai berikut: Pembelajaran dengan menerapkan media audio visual dapat
meningkatkan hasil belajar teknik dasar tendangan pencak silat di kelas VIII-D
SMP Negeri 4 Tasikmalaya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Audio Visual, Pencak Silat, Tendangan