Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar interaktif
materi himpunan berbasis articulate storyline 3 dan respon peserta didik terhadap bahan
ajar yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Research & Development
(R&D) dengan model Plomp, yang terdiri dari preliminary investigation; design;
realization/construction; test, evaluation, and revision; dan implementation. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Data penelitian ini
diperoleh dari dua ahli media, dua ahli materi, dan peserta didik kelas VII SMP Negeri
8 Tasikmalaya. Bahan ajar yang divalidasi oleh ahli diukur berdasarkan kualitas teknis
serta kualitas isi dan tujuan. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli media melalui penilaian
kualitas teknis menyatakan bahwa bahan ajar interaktif termasuk pada kategori sangat
layak. Selain itu, penilaian kualitas materi oleh ahli materi menyatakan bahwa bahan ajar
interaktif termasuk pada kategori sangat layak. Hasil dari produk pengembangan aplikasi
bahan ajar interaktif dengan nama ZetaZoo Story -Himpunan-. Penilaian kualitas
instruksional diperoleh melalui implementasi bahan ajar kepada peserta didik dan
mendapatkan persentase rata-rata sebesar 80% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil
tersebut, bahan ajar interaktif materi himpunan yang telah dikembangkan mendapatkan
respon yang baik dari peserta didik.
Kata kunci: Bahan ajar interaktif, Research & Development, model Plomp, himpunan,
Articulate Storyline 3