Abstract :
FITRI SEPTIANI. 2023. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE
LEARNING TYPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR
PESERTA DIDIK (STUDI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN
EKONOMI MATERI SISTEM PEMBAYARAN DAN ALAT
PEMBAYARAN KELAS X SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA).
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas
Siliwangi, Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Rendra Gumilar M.Pd dan Astri
Srigustini M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA
Negeri 10 Tasikmalaya, khususnya peserta didik kelas X masih banyak yang
mendapatkan nilai yang kurang memuaskan dan dibawah rata-rata, hal ini dilihat
berdasarkan data skor nilai yang tercantum dalam data penilaian. Hal tersebut
disebabkan oleh pasifnya keadaan kelas dalam pembelajaran yang hanya dilakukan
sebatas guru menyampaikan dan peserta didik menerima materi sehingga hal
tersebut membuat suatu kejenuhan dan kemonotonan dalam pembelajaran dan juga
kondisi fisik serta keadaan peserta didik yang kurang terkondisikan. Sehubungn
dengan hal ini, penelitian ini bertujuaun untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik kelas X SMA Negeri 10 Tasikmalaya pada mata pelajaran ekonomi melalui
penerapan model Cooperative Learning Type Gallery Walk. Metode yang digunaka
dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan bentuk The One Group Pretest?Posstest Design. Penelitian ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan yang
didalamnya terdapat Pretest-Posttest untuk mengetahui hasil belajar peserta didik
pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model Cooperative
Learning Type Gallery Walk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling yaitu penentuan sample dengan pertimbangan waktu dan
kondisi yang diberikan oleh sekolah sehingga kelas yang dipilih adalah kelas X 12.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil
belajar peserta didik setelah menggunakan model Cooperative Learning Type
Gallery Walk. Hal ini dapat ditunjukan dari nilai posttest kelas eksperimen sebesar
86.438 dan nilai N-Gain sebesar 0.65. berdasarkan perhitungan SPSS V.25. nilai
Sig.2-tailed adalah 0.000 < 0.05. Keefektifan model pembelajaran Cooperative
Script dari perhitungan effect-size diperoleh 0.857 atau 85.7% masuk kategori
tinggi.
Kata Kunci : Cooperative Learning Type Gallery Walk, Hasil Belajar, One
Grup Only Pretest-Posttest Design