DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Kelas X SMA Negeri 10 Tasikmalaya)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
SEPTIANI, FITRI
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-07-11 02:13:54 
Abstract :
FITRI SEPTIANI. 2023. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI SISTEM PEMBAYARAN DAN ALAT PEMBAYARAN KELAS X SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Rendra Gumilar M.Pd dan Astri Srigustini M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 10 Tasikmalaya, khususnya peserta didik kelas X masih banyak yang mendapatkan nilai yang kurang memuaskan dan dibawah rata-rata, hal ini dilihat berdasarkan data skor nilai yang tercantum dalam data penilaian. Hal tersebut disebabkan oleh pasifnya keadaan kelas dalam pembelajaran yang hanya dilakukan sebatas guru menyampaikan dan peserta didik menerima materi sehingga hal tersebut membuat suatu kejenuhan dan kemonotonan dalam pembelajaran dan juga kondisi fisik serta keadaan peserta didik yang kurang terkondisikan. Sehubungn dengan hal ini, penelitian ini bertujuaun untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Tasikmalaya pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model Cooperative Learning Type Gallery Walk. Metode yang digunaka dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan bentuk The One Group Pretest?Posstest Design. Penelitian ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan yang didalamnya terdapat Pretest-Posttest untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model Cooperative Learning Type Gallery Walk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sample dengan pertimbangan waktu dan kondisi yang diberikan oleh sekolah sehingga kelas yang dipilih adalah kelas X 12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model Cooperative Learning Type Gallery Walk. Hal ini dapat ditunjukan dari nilai posttest kelas eksperimen sebesar 86.438 dan nilai N-Gain sebesar 0.65. berdasarkan perhitungan SPSS V.25. nilai Sig.2-tailed adalah 0.000 < 0.05. Keefektifan model pembelajaran Cooperative Script dari perhitungan effect-size diperoleh 0.857 atau 85.7% masuk kategori tinggi. Kata Kunci : Cooperative Learning Type Gallery Walk, Hasil Belajar, One Grup Only Pretest-Posttest Design 
Institution Info

Universitas Siliwangi