Abstract :
Handi 2017. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS
OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES
SAINS SISWA
Keterampilan Proses Sains sangatlah penting dilatihkan pada pembelajaran
khususnya pembelajaran fisika, namun pelatihan KPS dalam kegiatan pembelajaran
tersebut masih belum maksimal di lapangan. Keterbatasan alat menjadi salah satu
kendala yang mendasari kurangnya pelatihan keterampilan proses sains saat
kegiatan pembelajaran di kelas. Siswa tidak biasa melakukan kegiatan
pembelajaran yang mengimplementasikan kegiatan penelitian dan berakibat siswa
tidak terlatih keterampilan proses sainsnya. Pembelajaran outdoor merupakan
metode pembelajaran yang memanfaatkan wilayah sekitar sekolah untuk digunakan
sebagai media dan bahan ajar bagi siswa untuk menunjang pembelajaran, dan
diharapkan dengan menggunakan pembelajaran outdoor ini siswa dapat terlatih
keterampilan proses sains melalui pembelajaran yang aktif berdasarkan
pengamatan secara langsung mengenai fenomena terkait materi yang dipelajari,
sehingga dengan model pembelajaran inkuiri0berbasis0outdoor0yang diterapkan
selama kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan KPS siswa di SMA Negeri 10
Tasikmalaya. Metode0penelitian yang0digunakan0dalam penelitian ini
yaitu0quasi eksperimen dengan desain0penelitian posttest only control group
design. Sampel pada penelitian ialah siwa kelas XI MIPA5 sebagai kelas
eksperimen dan kelas kontrol penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2, teknik
pengambilan sample pennelitian menggunakan cluster random sampling dengan
instrument 12 soal essay. uji hipotesis memakai uji-t di tingkat signifikan (?=0,05)
menandakan bahwa sesudah diterapkannya model pembelajaran inkuiri berbasis
outdoor diperoleh skor t-hitung 6.12 dan skor t-tabel 1.67, sehingga menunjukkan
bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga H0 ditolak. artinya Penggunaan
model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor berpengaruh terhadap KPS siswa pada
materi zat cair statis.
Kata kunci: Inkuiri, KPS, Pembelajaran Outdoor