DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF (PTK pada Program Life Skill Keterampilan Komputer di PKBM Miftahussa’adah Garut)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
DWIANDINI, APRILIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-07-11 03:23:12 
Abstract :
APRILIA DWIANDINI.2023. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Kondisi pembelajaran yang kurang interaktif karena terpaku pada metode konvensional sehingga membatasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada warga belajar menjadi masalah yang perlu diminimalisir, dalam hal ini, kondisi tersebut diatasi dengan penerapan model pembelajaran problem based learning sebagai strategi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran life skill keterampilan komputer pada pendidikan kesetaraan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran problem based learning sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada warga belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Untuk teknik analisis datanya yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi untuk data kualitatif dan penskoran untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penilaian perencanaan pembelajaran model problem based learning pada siklus I sebesar 75 dan di siklus II mengalami peningkatan dengan skor sebesar 85,5. Kemudian pada penilaian praktik pembelajarannya di siklus I memperoleh nilai 75 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor sebesar 84,1. Hal ini berbanding lurus dengan peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada warga belajar yaitu dari nilai pre-test kemampuan berpikir kreatif warga belajar memperoleh skor 31,9 namun setelah pembelajaran dilaksanakan, warga belajar memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 80 untuk siklus I, dan pada siklus II memperoleh nilai 85,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik maka dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif warga belajar pada pembelajaran life skill keterampilan komputer. Kata Kunci: Kreatif, Life Skill, Problem Based Learning 
Institution Info

Universitas Siliwangi