Abstract :
APRILIA DWIANDINI.2023. PENERAPAN MODEL PROBLEM
BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
BERPIKIR KREATIF. Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.
Kondisi pembelajaran yang kurang interaktif karena terpaku pada metode
konvensional sehingga membatasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada
warga belajar menjadi masalah yang perlu diminimalisir, dalam hal ini, kondisi
tersebut diatasi dengan penerapan model pembelajaran problem based learning
sebagai strategi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran life skill
keterampilan komputer pada pendidikan kesetaraan. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran problem based
learning sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada warga
belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, catatan lapangan,
dokumentasi dan wawancara. Untuk teknik analisis datanya yaitu dengan reduksi
data, penyajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi untuk data kualitatif dan
penskoran untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penilaian
perencanaan pembelajaran model problem based learning pada siklus I sebesar 75
dan di siklus II mengalami peningkatan dengan skor sebesar 85,5. Kemudian pada
penilaian praktik pembelajarannya di siklus I memperoleh nilai 75 dan mengalami
peningkatan pada siklus II dengan skor sebesar 84,1. Hal ini berbanding lurus
dengan peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada warga belajar
yaitu dari nilai pre-test kemampuan berpikir kreatif warga belajar memperoleh skor
31,9 namun setelah pembelajaran dilaksanakan, warga belajar memperoleh nilai
rata-rata post-test sebesar 80 untuk siklus I, dan pada siklus II memperoleh nilai
85,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning
dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik maka dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif warga belajar pada pembelajaran life skill keterampilan
komputer.
Kata Kunci: Kreatif, Life Skill, Problem Based Learning