Abstract :
SANDI PAMUNGKAS 2017. Pemasaran pisang ambon putih (Cavendish). (Di bawah
bimbingan H. UNANG dan HENDAR NURYAMAN).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran pisang ambon putih dilihat
dari, marjin pemasaran, keuntungan pemasaran, farmer?s share,. Metode yang
digunakan adalah survai pada sembilan petani pisang di Desa Karangpaningal
Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam pemasaran pisang di Desa
Karangpaningal terdapat dua macam tingkat saluran pemasaran, yaitu saluran dua
tingkat (petani ? pengumpul II ? pedagang pengecer), dan saluran tiga tingkat (petani ?
pengumpul I ?pengumpul II? pedagang pengecer).
Marjin pemasaran pada saluran dua tingkat Rp 2.250 per kilogram dan saluran tiga
tingkat Rp 3.000 per kilogram. Sedangkan persentase keuntungan pemasaran pada
saluran dua tingkat 71.11 persen dan saluran tiga tingkat 71,66 persen. Farmer?s share
atau bagian harga yang diterima petani pada saluran dua tingkat 62.50 persen dan
saluran tiga tingkat 50,0 persen.
Oleh karena itu petani disarankan memilih saluran pemasaran yang
menguntungkan atau membuat saluran pemasaran yang baru, sehingga petani dapat
memperoleh bagian harga yang lebih tinggi dalam sistem pemasaran pisang. Selain itu,
para petani juga diharapkan lebih aktif lagi dalam mencari informasi mengenai harga
dan pasar pisang supaya mempunyai kekuatan dalam posisi tawar