Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran segitiga
dan segiempat melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra
kemudian untuk melihat capaian hasil belajar peserta didik yang dihasilkan. Metode
penelitian ini menggunakan design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary
design (desain pendahuluan), design experiment (percobaan desain), dan retrospective
analysis (analisis retrospektif). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi untuk mengamati dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan proses
pembelajaran dan kondisi lingkungan pada saat pembelajaran, merekam proses
pembelajaran untuk memperoleh data mengenai aktivitas dari peserta didik pada saat
tahap percobaan desain dilaksanakan, memberikan soal tes hasil belajar untuk
mengetahui dampak dan capaian belajar peserta didik berdasarkan desain pembelajaran
pada materi segitiga dan segiempat, dan wawancara untuk menggali informasi mengenai
permasalahan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cisaga kelas VII C
sebagai kelas pilot experiment dan kelas VII A sebagai kelas teaching experiment. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konteks ubin dan profil gypsum
dalam pembelajaran dalam konsep keliling dan luas segitiga dan segiempat dapat
membantu peserta didik untuk membangun konsep dasar dalam menemukan rumus
keliling dan luas segitiga dan segiempat. Selain itu, lintasan belajar dengan konteks ubin
dan profil gypsum melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan Geogebra
dapat membantu pemahaman konsep peserta didik terhadap materi keliling dan luas
segitiga dan segiempat. Penggunaan desain pembelajaran segitiga dan segiempat melalui
model pembelajaran discovery learning berbantuan software Geogebra memberikan
dampak bagi peserta didik sehingga peserta didik mampu memahami materi mengenai
keliling dan luas segitiga dan segiempat sehingga capaian pembelajaran peserta didik
dapat tercapai.
Kata kunci : Design Research, Segitiga, Segiempat, Lintasan Belajar, Discovery
Learning, Geogebra