Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keruangan level mental rotation
pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya berpikir peserta didik. Metode
penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik
pengumpulan data berupa angket, tes, dan wawancara. Subjek penelitian dipilih dari
kelas IX F SMPN 2 Tasikmalaya yang berjumlah 4 peserta didik. Penentuan subjek
berdasarkan hasil jawaban tes kemampuan keruangan level mental rotation yang
memenuhi semua indikator dari masing-masing kategori gaya berpikir Gregorc dan
berdasarkan hasil wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
sebagai berikut: S-1 mengerjakan secara tahap demi tahap, berusaha mencapai titik
kesempurnaan dalam menjawab soal, dan berdasarkan kenyataan serta proses informasi
yang didapat secara teratur, linear, dan sekuensial tetapi masih kesulitan dalam
menentukan dan menggambarkan hasil rotasi. S-17 mampu menuliskan jawaban
berdasarkan poin-poin penting yang didapat dari proses menganalisis informasi pada soal
tetapi mengalami kesulitan dalam menentukan arah dan sudut rotasinya. S-28
menuliskan jawaban kurang teliti, mengalami kesulitan dalam menggambarkan hasil
rotasinya, dan mengerjakan soal dilakukan dengan tidak runtut atau tidak bertahap dalam
menuliskan jawabannya. S-15 menyelesaikan permasalahan dengan pendekatan coba?coba tetapi masih mengalami kesulitan dalam menemukan nomor prisma yang akan
dirotasikan, kesulitan dalam menentukan arah dan besar sudutnya, dan kesulitan dalam
menggambarkan setiap posisi dadu dan rubik setelah dirotasikan.
Kata kunci: Kemampuan Keruangan; Mental Rotation; Gaya Berpikir Gregorc