DETAIL DOCUMENT
INVESTIGATING HIGHER EDUCATION STUDENTS’ MOTIVATION IN THE ENGLISH LANGUAGE LEARNING ENVIRONMENT IN THE POST-COVID 19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
HENDRIYANA, HENDRIYANA
Subject
KD England and Wales 
Datestamp
2023-07-11 06:39:24 
Abstract :
Seiring berkurangnya angka kasus virus corona, seluruh institusi pendidikan di Indonesia harus beralih dari pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Perubahan ini mempengaruhi kesiapan belajar siswa yang dipengaruhi oleh motivasi belajar mereka. Motivasi sendiri memiliki porsi yang signifikan dalam mendorong siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini melaporkan motivasi tiga mahasiswa di salah satu universitas di Jawa Barat dalam belajar Bahasa Inggris di lingkungan pembelajaran tatap muka setelah situasi pandemi berakhir. Mendasari teori determinasi diri oleh Deci dan Ryan (2000), studi kualitatif ini menyoroti motivasi siswa melalui kontinum dari teori determinasi diri. Wawancara semi terstruktur digunakan untuk memperoleh data. Dalam penelitian ini beberapa jenis motivasi muncul. Mulai dari motivasi yang datang dari dalam diri, kemudian motivasi yang dipengaruhi dari lingkungan sekitar, hingga keadaan dimana siswa tidak memiliki motivasi sama sekali. Yang pertama, semua partisipan mempunyai motivasi ekstrinsik. Diantaranya siswa mengikuti pembelajaran karena adanya hadiah, ekspektasi orang lain, mengikuti pembelajaran karena kesadaran akan manfaatnya, dan menyadari tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa. Kedua, peserta memiliki motivasi intrinsik dimana mereka merasa senang, nyaman dan secara inheren tertarik dengan proses pembelajaran bahasa inggris secara tatap muka yang menyediakan interaksi secara nyata, pembelajaran yang interaktif, intruksi yang jelas, lebih efisien dalam waktu, dan merasa tertantang untuk berpartisipasi dalam aktifitas pembelajaran. Temuan terakhir menunjukan bahwa sebagian besar peserta memiliki kecenderungan kurang adanya dorongan untuk belajar Bahasa inggris secara tatap muka terutama karena sudah terbiasa dengan kemudahan di pembelajaran online, dan merasa gugup terutama dalam aktifitas speaking karena interaksi secara langsung yang pada akhirnya menurunkan tingkat motivasinya. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Pasca Pandemi, Pembelajaran Bahasa Inggris, Pembelajaran Luring, Teori Determinasi Dir 
Institution Info

Universitas Siliwangi