Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self esteem dan literasi
keuangan terhadap perilaku pembelian kompulsif. Metode penelitian yang
digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswi jurusan Manajemen Angkatan 2019, 2020
dan 2021 Universitas Siliwangi yang berjumlah 458 mahasiswi. Teknik
pengambilan sampel adalah Teknik proportionate stratified random sampling
sehingga sampel diperoleh sebanyak 214. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah menggunakan kuesioner angket dengan teknik analisis regresi
linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa self esteem berpengaruh
signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif pada mahasiswi jurusan
Manajemen Angkatan 2019, 2020 dan 2021 Universitas Siliwangi dengan nilai
signifikansi (0,000 < 0,05), literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap
perilaku pembelian kompulsif pada mahasiswi jurusan Manajemen Angkatan 2019,
2020 dan 2021 Universitas Siliwangi dengan nilai signifikansi (0,000 > 0,05). Self
esteem dan literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian
kompulsif pada mahasiswi jurusan Manajemen Angkatan 2019, 2020 dan 2021
Universitas Siliwangi dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05).
Kata kunci: Self esteem, Literasi Keuangan, Kompulsif