Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta kepraktisan
E-LKPD menggunakan Liveworksheets berbasis discovery learning pada materi
aritmatika sosial. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D)
dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan
menyebarkan kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar kisi-kisi
wawancara serta kuesioner untuk penilaian kelayakan dan kepraktisan E-LKPD. Sumber
data dari penelitian ini adalah dua ahli media dan dua ahli materi untuk menilai kelayakan
E-LKPD dari segi media dan materi, serta peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 9
Tasikmalaya untuk mengetahui respon peserta didik serta kepraktisan E-LKPD. Hasil
penelitian ini berupa E-LKPD berbasis discovery learning pada materi aritmatika sosial
yang dapat diakses melalui website Liveworksheets. Produk dikembangkan dengan
melalui proses analisis ? desain awal ? pengembangan awal ? desain (revisi I) ?
pengembangan (revisi I) ? implementasi I ? pengembangan (revisi II) ? implementasi II
? evaluasi dan telah dinilai sangat layak oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai
sangat praktis oleh peserta didik dengan persentase 93%.
Kata kunci: Pengembangan E-LKPD, Liveworksheets, Discovery Learning, Aritmatika
Sosial