Abstract :
YULI INDAH PURWATI, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar
Sejarah (Rotase) Terhadap Minat Belajar Siswa (Kuasi eksperimen Pada
Mata Pelajaran Sejarah Materi Respon Bangsa Indonesia Terhadap
Imperialisme dan Kolonialisme di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya
Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi.
Minat belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya terhadap
pembelajaran sejarah cukup rendah sehingga perlu diatasi salah satunya dengan
penggunaan media roda putar sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan media roda putar sejarah (rotase) terhadap minat belajar
siswa pada mata pelajaran sejarah materi respon bangsa Indonesia terhadap
imperialisme dan kolonialisme di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Tasikmalaya
semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah kuasi
eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan observasi. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar sebagai pretest dan posttest.
Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis
dengan uji Mann-Whitney. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media roda putar sejarah
(rotase) terhadap minat belajar siswa. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Mann?Whitney dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: pembelajaran sejarah, media roda putar, minat belajar