Abstract :
Dalam Kurikulum 2013 revisi, salah satu teks yang harus dikuasai peserta didik
kelas XI SLTA/SMA/SMK sederajat adalah teks eksplanasi. peserta didik kelas XI
mampu menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan, serta menulis teks eksplanasi
sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya. Namun pada praktiknya peserta
didik kelas XI di SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 masih banyak
yang belum mencapai SKBM. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tindakan
kelas dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping.
Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas
(PTK). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas hasil belajar
siswa, serta untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran mind
mapping meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta
kemampuan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 2
Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pengolahan
data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke
siklus kedua. Pada siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang
mencapai SKBM sebanyak 12 orang (35%), sedangkan yang belum mencapai SKBM
sebanyak 22 orang (65%). pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang
mencapai SKBM sebanyak 10 orang (29%), sedangkan yang belum mencapai SKBM
sebanyak 24 orang (71%). Pada siklus kedua, baik aspek pengetahuan maupun aspek
keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 34 orang berhasil mencapai SKBM
(100%).
Hasil uji normalitas data nilai menganalisis dan menulis teks eksplanasi pada
siklus kesatu dan siklus kedua data terdistribusi tidak normal, sehingga untuk
menghitung uji beda, digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan
bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01).
Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya,
model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menganalisis
serta menulis teks eksplanasi sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya pada
peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022