Abstract :
EFL di Indonesia berkontribusi sebagai bahasa yang penting untuk dipelajari.
Sejak penulisan berbasis genre telah diterapkan dalam EFL dan ELT,
multimodalitas wacana ditemukan sebagai bukti otentik dalam studi bahasa.
Penelitian ini menyelidiki bagaimana perspektif multimodal siswa digambarkan ke
dalam teks menulis recount mereka. Sebagai inti dari penelitian ini, siswa mampu
memiliki persepsi literasi pada wacana multimodal otentik berbasis genre ketika
mereka menemukan, memahami, memproduksi, dan mengevaluasi dalam
kehidupan sehari-hari mereka melalui teks pengalaman sendiri atau disebut teks
recount. Melakukan studi kasus deskriptif dengan mengkaji analisis dokumen dan
wawancara, penelitian menunjukkan kompetensi dan perspektif yang mendukung
dari siswa.
Kata kunci: EFL (Pelajaran Bahasa Inggris untuk Penutur Asing), kompetensi
menulis multimodal, perspektif siswa, tugas yang dimediasi video instruksional,
teks berbasis genre