Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana label halal dapat
memengaruhi keputusan pembelian dengan mediasi citra merek dan efek halo.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan memberikan angket kepada 270
responden yang merupakan konsumen home and personal care Unilever di Indonesia,
yang pernah membeli produk home and personal care unilever, beragama islam, dan
berusia lebih dari 18 tahun. Mengunakan teknik purposive sampling digunakan untuk
pemilihan responden. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah
Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menujukan label halal dapat
memengaruhi citra merek dan efek halo,citra merek tidak memengaruhi keputusan
pembelian sedangkan efek halo dapat memengaruhi keputusan pembelian, citra merek
tidak dapat memediasi hubungan antara label halal dan keputusan pembelian
sedangkan efek halo dapat memediasi hubungan antara label halal dan keputusan
pembelian.
Kata Kunci: Label halal; Citra merek; Efek halo; Keputusan pembelian