Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan siswa yang kurang aktif dan interaktif
dalam proses pembelajaran serta adanya tuntutan pembelajaran yang harus relevan
dengan pendidikan abad 21 dan kurikulum 2013 dalam mengetahui pengaruh model
pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) terhadap keterampilan
proses sains pada materi besaran dan pengukuran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI)
terhadap keterampilan proses sains pada materi besaran dan pengukuran supaya
proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berjalan secara optimal. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan penelitian ini
adalah metode kuasi eksperimen, sedangkan desain yang akan digunakan dalam
penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian
ini yaitu kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal dengan jumlah 432 orang dan
teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
teknik Cluster Random Sampling yaitu pemilihan sampel secara acak dengan
jumlah sampel dua kelas yaitu kelas X 7 dan kelas X 10 dengan jumlah peserta
didik sebanyak 72 orang. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji
hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh