DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
MARLINA, LENI
Subject
QC Physics 
Datestamp
2023-07-12 06:43:43 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gravitasi dengan rata-rata-persentase 22,69% dan tidak aktifnya siswa dalam pembelajaran Fisika. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran experiential learning berbantuan PhET simulation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gravitasi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 191 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengukuran keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan tes yang diberikan setelah siswa diberi perlakuan (posttest) berbentuk esai dengan jumlah soal 8 butir soal pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi ( 
Institution Info

Universitas Siliwangi