Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa
pada materi Hukum Newton tentang gravitasi dengan rata-rata-persentase 22,69%
dan tidak aktifnya siswa dalam pembelajaran Fisika. Upaya yang dilakukan peneliti
untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran
experiential learning berbantuan PhET simulation. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gravitasi di
kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas tahun ajaran 2022/2023. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian
posttest only control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X
MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 191 siswa.
Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling
sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X
MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengukuran keterampilan berpikir kritis siswa
menggunakan tes yang diberikan setelah siswa diberi perlakuan (posttest)
berbentuk esai dengan jumlah soal 8 butir soal pada materi Hukum Newton tentang
gravitasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas,
uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t
pada taraf signifikansi (