Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based?Learning berbasis Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis peserta
didik pada sub konsep sistem gerak pada manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI
MIPA MA Ansoriyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Metode penelitian
yang digunakan adalah metode true exsperiment dengan menggunakan pretest
posttest only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas
XI MIPA MA Ansoriyah tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan cara
cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 2 sebanyak 32 peserta didik dan XI
MIPA 3 sebanyak 27 peserta didik MA Ansoriyah. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan memberikan soal pretest dan soal posttest dengan bentuk essai
sebanyak 20 soal. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji t dependen test.
Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada
pengaruh model problem based learning berbasis flipped classroom terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada sub konsep sistem gerak pada
manusia. Pengaruh yang didapatkan signifikan, dapat dilihat dari perolehan data
hasil analisis uji t dependent dengan nilai Signifikan 0.000 < 0.05.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Flipped classroom, berpikir kritis