DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED-LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
YULVIANA, ULVA
Subject
QH301 Biology 
Datestamp
2023-07-12 07:44:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based?Learning berbasis Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada sub konsep sistem gerak pada manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA MA Ansoriyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Metode penelitian yang digunakan adalah metode true exsperiment dengan menggunakan pretest posttest only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA MA Ansoriyah tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 2 sebanyak 32 peserta didik dan XI MIPA 3 sebanyak 27 peserta didik MA Ansoriyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan soal posttest dengan bentuk essai sebanyak 20 soal. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji t dependen test. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model problem based learning berbasis flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada sub konsep sistem gerak pada manusia. Pengaruh yang didapatkan signifikan, dapat dilihat dari perolehan data hasil analisis uji t dependent dengan nilai Signifikan 0.000 < 0.05. Kata Kunci: Problem Based Learning, Flipped classroom, berpikir kritis 
Institution Info

Universitas Siliwangi