DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PELUANG USAHA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA BERBASIS DIGITAL PADA GENERASI Z DI TASIKMALAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Febriansyah, Iman
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-07-13 01:41:19 
Abstract :
Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh kembangnya beriringan dengan perkembangan digital. Tasikmalaya memiliki peluang yang sangat baik dalam hal digitalisasi, digitalisasi berperan penting bagi ekonomi masa depan. Tidak hanya untuk memperkuat usaha bahkan sangat berpotensi untuk memunculkan pengusaha-pengusaha baru. Potensi pemasaran yang luas dapat mempengaruhi tingkat usaha, adanya digitalisasi dapat memunculkan jenis usaha baru yang lebih fleksibel sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Salah satu bentuk usaha digital adalah perdagangan online, afiliasi, penyedia layanan jasa hingga start-up. Tujuan dari penelitian ini diharapkan menjadi dasar pengembangan dalam wirausaha digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Kelompok sasaran dalam penelitian ini adalah generasi Z muslim di wilaya Tasikmalaya yang pernah atau sedang menjalankan wirausaha berbasis digital. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dengan 100 responden. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu deskriptif data dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi, analisis regresi, uji t, dan uji F. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan persepsi kemudahan, peluang usaha dan kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha berbasis digital pada generasi z di Tasikmalaya secara parsial maupun secaral simultan. Dengan nilai koefisien determinasisecara parsial pada variabel persepsi kemudahan sebesar 0,483, nilai koefisien determinasi variabel peluang usaha sebesar 0,340, nilai koefisien determinasi variabel kepercayaan diri sebesar 0,558 dan nilai koefisien determinasi secara simultan sebesar 0,659. Kesimpulan dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa variabel persepsi kemudahan, peluang usaha, dan kepercayaan diri berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap minat berwirausaha berbasis digital pada generasi z di Tasikmalaya. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Peluang Usaha, Kepercayaan Diri, Minat Berwirausaha Digital. 
Institution Info

Universitas Siliwangi