Abstract :
Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh kembangnya beriringan dengan
perkembangan digital. Tasikmalaya memiliki peluang yang sangat baik dalam hal
digitalisasi, digitalisasi berperan penting bagi ekonomi masa depan. Tidak hanya untuk
memperkuat usaha bahkan sangat berpotensi untuk memunculkan pengusaha-pengusaha
baru. Potensi pemasaran yang luas dapat mempengaruhi tingkat usaha, adanya digitalisasi
dapat memunculkan jenis usaha baru yang lebih fleksibel sehingga bisa dilakukan oleh
siapa saja dan kapan saja. Salah satu bentuk usaha digital adalah perdagangan online,
afiliasi, penyedia layanan jasa hingga start-up. Tujuan dari penelitian ini diharapkan
menjadi dasar pengembangan dalam wirausaha digital.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Kelompok sasaran dalam penelitian
ini adalah generasi Z muslim di wilaya Tasikmalaya yang pernah atau sedang menjalankan
wirausaha berbasis digital. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling
dengan 100 responden. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu deskriptif data dan
pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi, analisis regresi, uji t, dan uji F. Sedangkan
untuk pengolahan data menggunakan SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukan persepsi kemudahan, peluang usaha dan
kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha berbasis
digital pada generasi z di Tasikmalaya secara parsial maupun secaral simultan. Dengan
nilai koefisien determinasisecara parsial pada variabel persepsi kemudahan sebesar 0,483,
nilai koefisien determinasi variabel peluang usaha sebesar 0,340, nilai koefisien
determinasi variabel kepercayaan diri sebesar 0,558 dan nilai koefisien determinasi secara
simultan sebesar 0,659.
Kesimpulan dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa variabel persepsi
kemudahan, peluang usaha, dan kepercayaan diri berpengaruh secara parsial maupun
simultan terhadap minat berwirausaha berbasis digital pada generasi z di Tasikmalaya.
Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Peluang Usaha, Kepercayaan Diri, Minat
Berwirausaha Digital.