Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya 187 kepala kelauga yang
menjadi nelayan penangkap ikan di Desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah
Kabupaten tasikmalaya. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah
bagaimana profil nelayan penangkap ikan di Desa Cikawungading Kecamatan
Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Bagaimana sistem pemasaran hasil tangkapan
ikan nelayan di Desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah Kabupaten
Tasikmalaya. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan cara observasi langsung ke lapangan, wawancara kepada
para informan, studi literatur, dan dokumentasi. Objek penelitian Kawasan Desa
Cikawungading Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Subjek Penelitian
nelayan, pedangan ikan, Pengepul ikan dan masyarakat sekitar di Desa
Cikawungading Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Data dianalisis
menggunakan analisis deskriptif secara mendalam dari data faktual di lapangan dan
analisis geografi 5W+1H, dengan pengolahan berupa pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan
bahwa profil nelayan penangkap ikan di Desa Cikawungading Kecamatan
Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya yaitu dilihat dari pengalaman sebagai nelayan
rata-rata usia 35 sampai 40 tahun dengan lama menjadi nelayan selama 25 sampai
30 tahun, tingkat pendidikan nelayan rata-rata hanya tamat SMP dan SD. Nelayan
tergolong pada nelayan pemilik perahu, nelayan pembantu atau kenek dan nelayan
buruh. Nelayan pergi melaut pada sore hari samapi pagi hari, teknik dan alat yang
digunakan menangkap ikan menjaring dasar, menjaring pintur, memancing,
pancing rawe, hasil yang diperoleh sangat bergantung pada kondisi musim ikan dan
kondisi cuaca. Sistem pemasaran hasil tangkapan nelayan penangkap ikan di Desa
Cikawungading Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya disalurkan kepada
pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen akhir atau masyarakat
setempat. Namun nelayan dilarang keras menjual langsung ikan kepada
masyarakat, pedagang pengumpul akan memasarkan ikan kepada pedagang
pengecer kepada masyarakat dan di ekspor ke Kota Tasikmalaya, Cilacap,
Pangandaran dan Muara Angke Jakarta.
Kata Kunci: Profil, Nelayan Peangkap ikan, Pemasaran