Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self perception dan minat
siswa dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi protista di kelas X
MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang
digunakan adalah korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
seluruh kelas X MIPA yang berjumlah 251 peserta didik. Sampel diambil dengan
teknik purposive sampling, dan kelas terpilih X MIPA 1 sebanyak 34 peserta didik.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 21 butir soal materi
protista, angket self perception sebanyak 14 pernyataan, dan angket minat siswa
sebanyak 22 pernyataan. Data diolah dengan melakukan uji prasyarat analisis
berupa uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas sedangkan analisis
hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi pearson (bivariat) dan uji regresi
berganda (multivariat). Hasil penelitian menunjukan bahwa; (i) ada korelasi antara
self perception dengan hasil belajar kognitif yang termasuk kategori sedang, (ii) ada
korelasi antara minat siswa dengan hasil belajar kognitif peserta didik yang
termasuk ke dalam kategori sedang (iii) ada korelasi antara self perception dan
minat siswa dengan hasil belajar kognitif peserta yang termasuk ke dalam kategori
sedang.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, self perception, minat siswa