Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
project based learning dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap
kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman
hayati di kelas X MIPA MAN 3 Tasikmalaya. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X MIPA MAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil
secara purposive sampling yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen
sebanyak 36 peserta didik dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 peserta
didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain
penelitian menggunakan nonequivalent control group posttest-only design.
Instrumen dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis diukur melalui test
berbentuk soal essai, sedangkan hasil belajar siswa yang diukur adalah ranah
kognitif berbentuk soal multiple choice. Pada kelas eksperimen menggunakan
model pembelajaran project based learning dengan pendekatan jelajah alam
sekitar, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pendekatan scientific dengan
model pembelajaran discovery learning. Data analisis dengan Uji Anova One Way,
. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran project
based learningdengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan
Uji Anova One Way dengan perolehan nilai signifikasi yaitu sebesar 0,014. Nilai
signifikansi tersebut < 0,05, sehingga dapat disimpulkan tolak H0 dan terima Ha
yang artinya ada pengaruh model pembelajaran project based learning dengan
pendekatan jelajah alam sekitar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar di kelas X MIPA MAN 3 Tasikmalaya.
Kata Kunci: project based learning, jelajah alam sekitar, kemampuan berpikir
kritis, hasil belajar, keanekaragaman hayati