Abstract :
Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa dalam pembelajaran. Ada dua
faktor yang menunjang keberhasilan belajar siswa, yaitu faktor internal dan
eksternal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar yang masih rendah
masih banyak peserta didik yang nilainya dibawah KKM.Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk memperoleh informasi tentang hubungan motivasi belajar siswa
dan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar PJOK siswa kelas Xl IPS
di SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode Kuantitatif Deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa/siswi kelas Xl IPS
di SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya sebanyak 84 orang yang semua ditentukan
sebagai sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian
hipotesis yang pertama menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan
antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PJOK siswa kelas XI IPS di
SMAN 5 Kota Tasikmalaya dengan nilai