Abstract :
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi penanganan
kredit bermasalah pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang
Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan data kualitatif. Jenis sumber data
yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui data primer yang berupa
wawancara, observasi dan melalui data sekunder yang berupa studi kepustakaan.
Kredit bermasalah yaitu suatu keadaan dimana nasabah sudah tidak sanggup
membayar sebagian atau seluruh kewajibannya kepada bank seperti yang telah
dijanjikannya. Kredit bermasalah harus ditangani agar rasio kredit kembali ke
posisi sehat dan bank bisa mendapatkan laba. Dari hasil penelitian yang dilakukan
oleh penulis,menunjukan bahwa strategi penanganan kredit bermasalah pada PT
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kota Tasikmalaya adalah
dengan cara Restrukturisasi metode 3R (Rescheduling, Reconditioning,
Restructuring),dan Debt Collector. Namun apabila cara tersebut gagal, maka
proses penanganan kredit bermasalah yang terakhir adalah dengan melalui jalur
pengadilan dengan proses kepailitan.
Kata Kunci: Strategi, Bank, Kredit Bermasalah, Restrukturisasi, Debt Collector,
kepailian