DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENANGANAN KREDIT BERMASALAH PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG KOTA TASIKMALAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Apriliani, Intan Putri
Subject
HG Finance 
Datestamp
2023-07-14 06:18:52 
Abstract :
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi penanganan kredit bermasalah pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan data kualitatif. Jenis sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui data primer yang berupa wawancara, observasi dan melalui data sekunder yang berupa studi kepustakaan. Kredit bermasalah yaitu suatu keadaan dimana nasabah sudah tidak sanggup membayar sebagian atau seluruh kewajibannya kepada bank seperti yang telah dijanjikannya. Kredit bermasalah harus ditangani agar rasio kredit kembali ke posisi sehat dan bank bisa mendapatkan laba. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis,menunjukan bahwa strategi penanganan kredit bermasalah pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kota Tasikmalaya adalah dengan cara Restrukturisasi metode 3R (Rescheduling, Reconditioning, Restructuring),dan Debt Collector. Namun apabila cara tersebut gagal, maka proses penanganan kredit bermasalah yang terakhir adalah dengan melalui jalur pengadilan dengan proses kepailitan. Kata Kunci: Strategi, Bank, Kredit Bermasalah, Restrukturisasi, Debt Collector, kepailian 
Institution Info

Universitas Siliwangi