DETAIL DOCUMENT
PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN JALAN PANUMBANGAN-PANJALU KABUPATEN CIAMIS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
RAMDANI, WAHYU
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2019-09-18 01:10:22 
Abstract :
Jalan raya merupakan sarana transportasi darat yang membentuk jaringan transportasi untuk menghubungkan daerah-daerah, sehingga roda perekonomian dan pembangunan dapat berputar dengan baik. Seiring dengan bertambahnya kepemilikan kendaraan menyebabkan meningkatnya volume lalulintas, sementara kapasitas jalan tetap. Hal ini akan menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas.Untuk itu diperlukan pembangunan jaringan jalan yang memadai agar mampu memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan kapasitas yang diperlukan. Perencanaan Geometrik jalan Panumbangan-Panjalu menggunakan 3 jenis lengkung peralihan yaitu Lengkung busur lingkaran (full circle), Lengkung busur lingkaran dengan lengkung peralihan (spiral-circle-spiral), dan Lengkung peralihan saja (spiral-spiral). Perencanaan drainase menggunakan metode Gumbel, Log Pearson Tipe III, dan Log Normal untuk analisis data curah hujan dan metobe monobe untruk intensitas curah hujan, dan perencanaan perkerasan menggunakan metode Analisis Komponen tahun 1987. Hasil dari perencanaan berupa 4 tikungan sepanjang jalan 4822,27 m, dengan lebar jalan 2 x 3,50 m, dengan lebar bahu jalan 1,5 m. Untuk drainase jalan didapat dimensi saluran b = 0,6 m dan h = 0,45 m dengan bentuk persegi. Perkerasan jalan untuk umur rencana 5 tahun didapat lapisan permukaan 5 cm, lapisan pondasi atas 10 cm, lapisan pondasi bawah 20 cm. Sedangkan untuk umur rencana 10 tahun didapat lapisan permukaan 5 cm, lapisan pondasi atas 10 cm, lapisan pondasi bawah 20 cm. Untuk galian didapat 22.466,66 m3 dan untuk timbunan didapat 7,459,023 m3 . Kata kunci : Jaringan Jalan, Lengkung Peralihan, Perkerasan Jalan. 
Institution Info

Universitas Siliwangi