Abstract :
Implementasi teknologi dalam pendidikan telah banyak direalisasikan sesuai
dengan PermendikbudRistek No.16 Tahun 2022 tentang standar proses yaitu
penggunaan perangkat teknologi untuk memberi pengalaman belajar yang
berkualitas demi tercapainya tujuan belajar. Namun, pada kenyataannya penerapan
teknologi belum dimanfaatkan dengan optimal. Oleh karena itu, peneliti berupaya
untuk memberikan solusi alternatif dengan mengembangkan e-modul interaktif
berbasis model pembelajaran POE2WE menggunakan flipbook maker pada materi
gelombang bunyi dan cahaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research
and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design,
Develop, dan Disseminate). Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai
dengan tahap Develop karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
tingkat validitas dan kepraktisan e-modul saja. Pada tahap Define dilakukan studi
pendahuluan dengan menyebar angket analisis kebutuhan dan mewawancarai guru
fisika dan perwakilan peserta didik kelas XI MIPA. Tahap Design dilakukan
dengan perancangan awal dan pemilihan media. Tahap Develop dilakukan dengan
pengembangan produk, uji validitas, dan uji kepraktisan produk. Uji validitas
dilakukan oleh 4 ahli materi dan 4 ahli media. Uji kepraktisan produk dilakukan
dengan menyebarkan angket kepraktisan produk kepada guru fisika dan peserta
didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya. Hasil uji validasi e-modul
berdasarkan aspek materi memperoleh nilai 0,89 dengan kategori sangat valid dan
berdasarkan aspek media memperoleh nilai 0,84 dengan kategori sangat valid. Hasil
uji kepraktisan oleh guru memperoleh nilai 88,89% dengan kategori sangat praktis
dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh nilai 83,33% dengan
kategori sangat praktis. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan memenuhi
kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: E-Modul Interaktif, Flipbook Maker, Gelombang Bunyi dan Cahaya,
Model Pembelajaran POE2WE.