Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta
didik ditinjau dari tipe kepribadian sanguinis dan melankolis. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini berupa kuesioner tipe kepribadian florence littauer, tes kemampuan
komunikasi matematis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam proses
penelitian ini adalah kuesioner tipe kepribadian florence littauer dan tes kemampuan
komunikasi matematis. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIIA dan
VIID SMP Negeri 16 Tasikmalaya. Penentuan subjek penelitian berdasarkan teknik
purposive yaitu tiga peserta didik yang terpilih dianggap paling dominan dari setiap tipe
kepribadian, mampu memenuhi semua atau sebagian indikator kemampuan komunikasi
matematis tanpa melihat hasil jawaban benar atau salah, serta subjek yang mampu
berkomunikasi dengan baik dan siap memberikan keterangan secara lisan pada saat
dilakukan wawancara atas jawabannya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan
komunikasi matematis peserta didik S2M dan S19M dengan tipe kepribadian melankolis
mereka mampu menggambarkan peristiwa sehari-hari ke dalam ide maupun simbol
matematika dengan memahami informasi yang ada dalam soal dan mengkomunikasikan
ide dan relasi matematik melalui tulisan, gambar dan ekspresi aljabar. S2M dan S19M
juga mampu membuat konjektur dan menyusun argumen, sedangkan S2M mampu
membuat pertanyaan matematika untuk menetukan solusi dalam soal. S9S dengan tipe
kepribadian sanguinis memiliki kemampuan komunikasi matematis dapat menyatakan
pemahamannya terkait yang diketahui dalam soal secara jelas, mampu
mengkomunikasikan ide dan relasi matematik melalui tulisan dan ekspresi aljabar serta
mampu membuat konjektur dan menyusun argumen.
Kata kunci: komunikasi matematis, tipe kepribadian, sanguinis, melankoliS