Abstract :
Wabah pandemi Covid-19 awal tahun 2020 sampai akhir tahun 2022
memaksa banyak institusi akademik untuk tutup sementara. Banyak lembaga
akademis di seluruh dunia telah menghentikan pengajaran tatap muka, dengan
tanggapan paling logis adalah menerapkan kelas online. Namun, perubahan dari
kelas tradisional yang tiba-tiba ke lingkungan yang sepenuhnya online
menimbulkan beberapa tantangan bagi siswa, bahkan sebelum ada banyak
penelitian yang menemukan bahwa praktik pembelajaran online terbukti sulit
untuk ditangani. Dengan diterapkannya pembelajaran online secara tiba-tiba di
semua institusi akademik, hal ini menjadi penting dan menarik untuk dikaji,
terutama melihat bagaimana pengalaman mahasiswa dalam belajar selama
pandemi Covid-19, karena penting untuk melihat seberapa baik kepuasan belajar
mereka. selama kondisi yang sulit ini. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pengalaman siswa sekolah menengah Indonesia pada
pembelajaran bahasa Inggris online selama pandemi Covid-19. Desain penelitian
ini adalah studi kasus deskriptif dan pengumpulan data menggunakan wawancara
semi terstruktur. Setelah itu, data dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun
& Clarke, 2006). Penelitian ini mengungkapkan salah satu masalah inti dari
pembelajaran online yang tiba-tiba bergeser ini, yaitu ketidaksiapan guru dan ada
delapan pengalaman belajar online yang dihadapi siswa sendiri: (1)
mengecewakan; (2) memusingkan; (3) melelahkan; (4) stagnan; (5) individu; (6)
kolaboratif; (7) nyaman dan (8) menyarankan.
Kata kunci: Pembelajaran Online, Bahasa Inggris, Pengalaman Belajar