DETAIL DOCUMENT
STUDENTS’ EXPERIENCE ON ONLINE ENGLISH LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC: A CASE STUDY OF ONE OF THE SECONDARY SCHOOLS IN INDONESIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Anshari, Andika Daffa
Subject
PE English 
Datestamp
2023-07-17 03:51:04 
Abstract :
Wabah pandemi Covid-19 awal tahun 2020 sampai akhir tahun 2022 memaksa banyak institusi akademik untuk tutup sementara. Banyak lembaga akademis di seluruh dunia telah menghentikan pengajaran tatap muka, dengan tanggapan paling logis adalah menerapkan kelas online. Namun, perubahan dari kelas tradisional yang tiba-tiba ke lingkungan yang sepenuhnya online menimbulkan beberapa tantangan bagi siswa, bahkan sebelum ada banyak penelitian yang menemukan bahwa praktik pembelajaran online terbukti sulit untuk ditangani. Dengan diterapkannya pembelajaran online secara tiba-tiba di semua institusi akademik, hal ini menjadi penting dan menarik untuk dikaji, terutama melihat bagaimana pengalaman mahasiswa dalam belajar selama pandemi Covid-19, karena penting untuk melihat seberapa baik kepuasan belajar mereka. selama kondisi yang sulit ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman siswa sekolah menengah Indonesia pada pembelajaran bahasa Inggris online selama pandemi Covid-19. Desain penelitian ini adalah studi kasus deskriptif dan pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Setelah itu, data dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Penelitian ini mengungkapkan salah satu masalah inti dari pembelajaran online yang tiba-tiba bergeser ini, yaitu ketidaksiapan guru dan ada delapan pengalaman belajar online yang dihadapi siswa sendiri: (1) mengecewakan; (2) memusingkan; (3) melelahkan; (4) stagnan; (5) individu; (6) kolaboratif; (7) nyaman dan (8) menyarankan. Kata kunci: Pembelajaran Online, Bahasa Inggris, Pengalaman Belajar 
Institution Info

Universitas Siliwangi