Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pencairan
dana klaim asuransi kredit usaha pinjaman pedesaan dan perkotaan (Kupedes) pada
PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Nagarasari Kota Tasikmalaya.
Objek penelitian yang dipilih yaitu nasabah yang memilih kredit usaha pinjaman
pedesaan atau perkotaan (Kupedes) di bank BRI Unit Nagarasari yang mempunyai
layanan BRIlife. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa data yang
diperoleh langsung dari penelitian dan data sekunder. Metode yang digunakan
adalah metode participant observer, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Klaim asuransi merupakan tuntutan yang diajukan oleh pemegang polis asuransi
kepada perusahaan asuransi selaku penanggung asuransi untuk memenuhi hak
pemegang polis. Pada prosedur pencairan dana klaim asuransi, tahapan yang
dilakukan diantaranya tahapan awal dalam mencari info debitur yang meninggal,
tahap pemberkasan, tahap pengajuan klaim asuransi dan tahap akhir klaim asuransi.
Adapun beberapa hambatan yang disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain
hambatan dari ahli waris karena tidak kooperatif sehingga menyebabkan lambatnya
proses yang akan dilakukan, adapun hambatan lain seperti hilangnya berkas. Solusi
dari hambatan tersebut yaitu pihak bank melakukan kunjungan ke rumah ahli waris,
dan untuk solusi dari hilangnya berkas yaitu petugas klaim dapat meminta soft file
milik nasabah ke customer service.
Kata kunci : Prosedur, klaim asuransi, pencairan dana klaim asuransi